Tokoh Pejuang Bengkulu Selatan Melawan Penjajah

Bengkulu Selatan – Tokoh-tokoh pejuang Bengkulu Selatan saat melawan penjajah, sekaligus biografi singkat, inilah nama-nama pejuang di Bengkulu Selatan :

a. H. Zakwan Zanim

H. Zakwan Zanim dilahirkan  dari sepasang  oleh Bapak Zanim dan ibu Sabatia, Beliau asli putra daerah Bengkulu Selatan dilahirkan, Sabtu 20 Januari 1934, Jam 04:45. Dalam buku yang beliau tulis yang berjudul ‘Catatan Sekilas Sebelum Dipanggilnya” sembah buktiku berserta anak cucuku kepada pejuang-pejuang pada tahun 1945 yang telah merebut negara Indonesia dari penjajah Jepang terkhususnya di Bengkulu Selatan.

Beliau merupakan saksi sejarah sewaktu pejuang mengusir penjajah dan melihat langsung kejadian dengan mata dan telinganya. Dalam buku yang beliau tulis terdapat tokoh pejuang Bengkulu Selatan yang disebut Pahlawan tanpa nama dan pangkat dibahu mereka. bahwa perjuangan putra bangsa telah mengusir penjajah begitu kejam, yang dilakukan bangsa Jepang terhadap masyarakat Bengkulu Selatan.

b. H. Hasan Rumbu

Beliau sekarang berumur 95 tahun, H. Hasan Rumbu merupakan pelaku sejarah masa kolonialisme Belanda dan Jepang, ia juga menceritakan kejadian-kejadian masa lampau yang telah ia lalui bersama kawan-kawan melawan penjajah di negara Republik Indonesia terkhusunya di Bengkulu Selatan. Dari awal masuknya dan kejadian-kejadian pada masa Kolonialisme Jepang sampai kembali ke-negaranya masing-masing beliau masih ingat betul, wajahnya terpancar penuh dengan kebangaan karena telah mengusir penjajah dari tanah kelahirannya, walaupun peluru telah membekas di kakinya yang ditembakan oleh tentara Jepang. 

Peranan beliau dalam mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia terkhusunya Bengkulu Selatan sebagai pejuang dan saksi mata dalam mempertahankan kekuasaan atas Jepang. Beliau merupakan Tokoh pahlawan dalam melakukan perlawanan masa Kolonialisme Belanda dan Jepang, ia anggota organisasi Putera, Peta, Tentara Hitam dan BKR seluruh kegiatan dalam perlawanan apapun organisasi itu beliau ikut serta dalam melakukan perlawanan terhadap penjajah di Bengkulu Selatan.

c. H. Asyikin

Beliau merupakan asli putra daerah Bengkulu Selatan, pekerjaannya tukang jahit, mantan Ketua DPRD I Bengkulu yang Pertama.orangnya sangat sederhana dan rendah hati. H. Asyikin semasa hidupnya merupakan Tokoh Pejuang masa Kolonialisme Belanda dan Jepang, beliau juga pernah ditangkap tentara Jepang lalu dibawa kekapal perang ditahan dirumah tahanan Palembang.

Peranan beliau adalah Tokoh Pejuang dan pelaku sejarah  dalam melawan tentara Jepang, beliau terlibat juga dalam organisasi kepemudaan di Bengkulu Selatan. semangatnya tak pernah pudar untuk mempertahankan negara yang ia cintai ini, setelah beliau keluar dari tahanan langsung mencari pasukan kesana-kesini akhirnya beliau berkumpul lagi dengan rombongan H. Hasan Rumbu, Buldani dan kawan-kawan sehingga membentuk organisasi PETA dan Tentara Hitam.

d. H. Buldani

Beliau putra Duayu asli, sekolahnya hanya PMS, TNI (Tentara Negara Indonesia) dan pernah menjabat sebagai Bupati Bengkulu Selatan. Orangnya optimis semua tantangan beliau hadapi. Dimasa Revolusi beliau berjuang dengan “Elang Berantai” (Organisasi) daerah Kepahyang pernah tertembak saat pertempuran. Beliau merupakan kawan akrabnya H. Hasan Rumbu, Asyikin, Herman Haris dan Barula dan pernah membentuk Organisasi Tentara Hitam.

Peranan H. Buldani merupakan Tokoh yang berpengaruh di masa penjajahan Kolonialisme Jepang ia dipercaya sebagai Komandan Pasukan yang di pimpin oleh Herman Haris, selain itu bukan hanya menjadi Tentara Negara Indonesia beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Bengkulu Selatan, Kontribusi beliau dalam mempertahankan “Bumi Sekundang” beliau sangat di kenal oleh masyarakat yang dikenal Ramah dan Baik.

e. Abdul Manaf

Beliau dilahirkan di desa Awat Mata, Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur. Umurnya sekarang 86 tahun, beliau pernah menjadi murid Jepang, dan sebagai Tokoh Tauladan se-kabupaten Bengkulu Selatan, diberi julukan Tokoh berpengaruh di Bengkulu. yang diberikan penghargaan oleh Presiden RI ke-2 Ir. Soeharto. Beliau sekarang sudah pensiun (PNS). Beliau bercerita panjang lebar tentang Kolonialisme Jepang di Bengkulu Selatan dan Kaur. Kejadian-kejadian peristiwa penting dan nyata yang beliau rasakan dengan semangat luar biasa.

Peranan beliau merupakan Saksi Sejarah perjuangan dan juga sebagai murid didikan Jepang, yang pernah menjadi anggota PETA dan BKR di umur 17 tahun ia bergabung dengan Organisasi kepemudaan. sampai saat ini beliau masih menguasai bahasa Jepang dan masih ingat betul masa kolonialisme Belanda dan Jepang, beliau mahir dalam berbahasa jepang dan sering bernyanyi dengan mengunakan bahasa Jepang.

f. H. Muhamad Jafri (As-Siddik)

H. Muhamad Jafri, sering dipanggil As-Siddik merupakan titisan Sentot Ali Basah yang dilahirkan di Bengkulu, sekarang beliau sudah meninggal dunia. beliau pernah menjabat sebagai Perwira Staf di Kodam Dua Sriwijaya. Waktu daerah Bengkulu menjadi provinsi beliau dipanggil untuk kembali menjabat sebagai Sekwilda yang ke-dua menyusun pegawai tanpa melibatkan keluarga.

Peranan beliau adalah Tokoh Pejuang Bengkulu masa kolonialisme Belanda dan Jepang, yang ikut serta dalam keterlibatan perlawanan di Bengkulu Selatan, beliau merupakan  Ketua Organisasi Peta di seluruh Bengkulu. Ketika Revolusi Empat Lima beliau mengusir Belanda dan Jepang bertempur baik dalam Hutan maupun Kota. 

g. Herman Haris

Beliau putra Duayu asli sekolahnya TNI (Tentara Negara Indonesia). Orangnya optimis semua tantangan beliau hadapi. Dimasa Revolusi beliau berjuang dengan “Tentara Hitam (Organisasi) daerah Bengkulu Selatan pernah tertembak saat pertempuran. Beliau merupakan kawan akrabnya H. Hasan Rumbu, Asyikin, dan Barula dan pernah membentuk Organisasi Tentara Hitam.

Peranan H. Buldani merupakan Tokoh yang berpengaruh di masa penjajahan Kolonialisme Jepang ia dipercaya sebagai Komandan Pasukan ketua organisasi (Tentara Hitam), dengan pasukan yang tangguh, Kontribusi beliau dalam mempertahankan “Bumi Sekundang” dalam memperjuangkan tanah yang beliau cintai yaitu Bengkulu Selatan, beliau sangat di kenal oleh masyarakat yang dikenal ramah dan baik.

Penulis : Eko Ririn Sabirin, S. Hum

Edisi khusus 17 Agustus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *