KOTA BINTUHAN –  Kendati cuaca masih tidak menentu, nelayan di wilayah Kabupaten Kaur mulai melaut mencari ikan. Berbeda dengan daerah lain, nelayan tradisional di Kabupaten Kaur hanya mencari ikan di tepi terumbu karang dan rumpon.  Nelayan tetap semangat mencari ikan dari pagi hingga sore.

“Saat ini sudah banyak nelayan yang turun ke laut mencari ikan namun demikian mereka juga masih waspada  karena cuaca seperti saat ini. Dengan kondisi cuaca saat ini jumlah tangkapan pun tidak terlalu banyak. Namun cukup untuk kebutuhan mereka apalagi sudah lama tidak turun ke laut karena cuaca yang ekstrem dan tidak menentu seperti saat ini,” ungkap Ujang, penjual ikan keliling.

Sementara itu BPBD Kaur mengimbau nelayan di Kabupaten waspada saat melaut. Karena sampai saat ini kondisi cuaca di Kabupaten Kaur masih belum normal. Terkadang terjadi badai dan angin kencang yang disertai hujan. Untuk itu BPBD berharap nelayan untuk benar-benar waspada dan tidak pergi sendirian saat melaut di tengah cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

“Kondisi cuaca masih tidak menentu, namun sudah cukup membaik dibandingkan beberapa minggu yang lalu. Namun tetap kita himbau kepada nelayan untuk waspada, karena gelombang masih sangat tinggi. Dan bisa membahayakan apalagi saat angin disertai hujan datang. Tidak hanya nelayan, para pengguna jalan lintas juga tetap kita imbau waspada. Karena hujan angin  saat ini masih rawan akan longsor dan juga pohon tumbang,” pungkas Kepala BPBD Kaur Ujang Saferi. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here