Yuk, Contek Diet 80/20 Agar Langsing dan Sehat seperti Orang Okinawa

Sahabat nuansa grup, banyak sekali program diet yang ditawarkan orang. Keberhasilan diet tergantung dari diri kita masing-masing. Kalau kamu disiplin, dan tekun, pastinya diet mu akan berhasil. Namun kalau tidak, dietmu akan gagal.

Mungkin kamu bisa meniru cara orang Okinawa Jepang melakukan diet. Yaitu Diet 80/20. Mengutip laman Eat This, Not That, Diet 80/20 merupakan diet yang menekankan untuk merasakan kenyang sebesar 80% setiap kali makan. Kebiasaan ini akan membantu otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah terasa penuh. Sisa 20% lainnya adalah perasaan lapar saja yang tidak dipenuhi, sehingga metode diet ini cocok untuk menurunkan berat badan.

Penduduk Okinawa sangat disiplin terkait pola dan porsi makan setiap harinya. Biasanya mereka akan makan dengan porsi yang lebih sedikit pada siang hari.

Pada saat makan malam, porsi makanan bisa ditambahkan dengan catatan bahwa tidak makan mendekati jam tidur. Selain itu, setelah makan malam tidak akan ada tambahan makanan lagi yang dikonsumsi.

Khususnya penduduk Okinawa, mereka membatasi asupan gula dan garam. Mengonsumsi gula berlebih akan menyebabkan diabetes, mempercepat pikun, penuaan dini, serta masalah-masalah kesehatan lainnya. Apabila terlalu banyak asupan garam dalam tubuh dapat meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Banyak orang yang berharap untuk selalu sehat, umur yang panjang, dan tubuh yang tetap proporsional di masa tua. Hal ini bisa didapatkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat sedini mungkin. Kebiasaan baik ini sudah dilakukan oleh wilayah-wilayah di Dunia dengan sebutan Zona Biru yang masyarakatnya memiliki umur panjang dan sehat. Yuk, mulai sekarang ikuti diet sehat mereka.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *