Lomba Cipta Menu Bergizi, PKK : Kenyang Tidak Harus Nasi

Ibu-ibu PKK se Provinsi Bengkulu saat event ketahanan pangan

Bengkulu Selatan – Lapangan Sekundang Manna hari ini ramai dikunjungi oleh ibu-ibu. Bukan tanpa alasan, ibu-ibu para anggota PKK ini datang untuk menyaksikan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Bengkulu.

Lomba ini diikuti oleh seluruh PKK Kabupaten se Provinsi Bengkulu.

Kegiatan Lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya lokal Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023 adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan bekerjasama dengan PKK Provinsi Bengkulu. Tahun ini adalah tahun yang kedelapan dilaksanakannya even ini.

Kali ini Bengkulu Selatan menjadi tuan rumah dilaksanakannya lomba ini, karena pada tahun terakhir dilaksanakannya kegiatan ini sebelum pandemi covid-19 yaitu tahun 2019, Bengkulu Selatan menjadi pemenang pertama. Sebagai tuan rumah, Bengkulu Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan mempersiapakan even ini di Lapangan Sekundang Manna, Kamis (4/5/23).

Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin, Ketua TP PKK Nurmalena Gusnan dan Sekretaris Daerah Sukarni, S.P, M.Si hadir pada kegiatan ini. Even tingkat provinsi ini juga dihadiri oleh Ketua I TP PKK Provinsi Bengkulu Ny. Anita Andriani Rosjonsyah, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Bengkulu Supran, SH, MH serta beberapa pejabat Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi dengan pola menu yang beragam, bergizi dan seimbang serta aman, juga sebagai pendorong kreatifitas masyarakat pada umumnya, dan ibu-ibu rumah tangga pada khususnya dalam memilih, menentukan dan menyusun serta menciptakan menu-menu baru yang berbasis pangan lokal.

β€œπ‘²π’†π’π’šπ’‚π’π’ˆ π‘»π’Šπ’…π’‚π’Œ 𝑯𝒂𝒓𝒖𝒔 π‘΅π’‚π’”π’Šβ€ merupakan salah satu misi yang diusung pada kegiatan ini, artinya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa kita harus lebih inovatif dalam menciptakan menu makanan baru tanpa nasi. Hal ini adalah sebagai bentuk respons dan upaya kita dalam menanggapi isu strategis tentang cetak sawah baru yang tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Tahun ini yang menjadi pemenang adalah Tim Penggerak PKK Kabupaten Seluma dan menyusul Bengkulu Selatan yang tahun ini berada pada posisi Runner Up.

Selamat kepada pemenang lomba, sampai jumpa tahun depan di Lomba B2SA ini, di Kabupaten Seluma, Kabupaten yang ber-jargon “Seluma Alap”.

Reporter : Noerwahid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *