Menkominfo Sebut Era Digital Harus Siap Bersaing dengan Negara Jiran

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. (foto: dok)

Nasional – Perkembangan teknologi menuju serba digital kini semakin pesat. Sekarang, masyarakat umumnya mempunyai cara hidup baru yang tidak bisa lepas dari segala perangkat elektronik. Sehingga, teknologi dapat dimanfaatkan manusia untuk memudahkan pelaksanaan tugas.

Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digitalisasi. Dengan begitu, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi kemajuan digital itu harus membuat masyarakat menjadi produktif.

“Mana ada kemajuan teknologi mematikan generasi kita. Jangan seram begitu, karna kemajuan itu harus kita antisipasi. Kemajuan digital itu harus membuat kita produktif,” katanya di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru,pada Jumat kemarin (25/08/2023).

Menurutnya, masa depan Indonesia ini harus ditata dari sekarang. Apalagi dalam mempersiapkan bonus demografi, Indonesia diharpakan dapat menjadi negara produsen sekaligus konsumen.

“Indonesia ini belum dispersed kemajuan teknologi. Kita di ujung tombak ni, pilihannya negara konsumen atau negara produsen. Kalau bisa ya menjadi produsen dan konsumen, kita harus beresin itu,” ucapnya.

Dijelaskan dia, bahwa Provinsi Riau memiliki potensi yang sangat besar. Selain di bidang sumber daya alam, potensi UMKM dan ekonomi kreatif di Riau juga sangat besar, karena itu potensi ini harus terus dikembangkan dan mendapat dukungan.

Oleh karna itu, dalam kemajuan digital di masa depan daerah yang berjuluk Bumi Lancang Kuning itu memiliki saingan yaitu Negara Malaysia. Karena menurutnya potensi digitalisasi di Provinsi Riau telah didukung dengan adanya visi Riau Digital dari Gubri Syamsuar.

“Selalu saya bilang ke Pak Gubernur kalau Riau ini jangan lawannya provinsi lain di Indonesia tapi lawannya negara tetangga Malaysia. Jadi ukuran tandingnya jelas gitu ya, dalam kompetisi kecepatan digital dan juga kemajuan digital ekonomi di masa yang akan datang. Saya sudah melihat potensi Provinsi Riau dari yang dipaparkan oleh pak Gubernur tadi, apalagi tentang Riau Digital, jadi memang Riau ini gudangnya sumber daya manusia,” jelasnya.

Diterangkan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada Provinsi Riau dalam hal pengembangan digitalisasi. Di mana, mulai tahun lalu pihaknya juga sudah banyak memberikan pelatihan digitalisasi kepada para pelaku UMKM di Riau.

“Program ini akan terus kami lanjutkan, tahun lalu saja suah banyak pelaku UMKM dan mahasiswa yang dilatih terkait digitalisasi UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Menteri Budi Arie ke bumi lancang kuning. Baginya kehadiran, Menkominfo ini telah memberikan secara langsung informasi yang sangat berarti untuk pembangunan Riau digital di masa yang akan datang.

“Ini kemarin sudah menjadi komitmen beliau untuk membantu agar semua desa yang ada di Riau ini dapat menggunakan tentunya digitalisasi dalam rangka untuk kemajuan ekonomi dan sekaligus juga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (byg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *