Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Tembus Rp136.570 per Kilogram

Pedagang memotong daging sapi untuk pembeli di Pasar. (Foto: eko)

TAHUKAH ANDA, Biasanya jelang Idulfitri kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan sejumlah komoditas pangan akan meningkat. Hal ini sesuai tingginya permintaan di pasaran.

Melansir Data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Jumat (5/4/2024), harga daging sapi dan daging ayam kompak naik. Daging sapi misalnya naik menjadi Rp136.570 per kilogram, dan daging ayam ras naik Rp37.480 per kilogram. 

Belum lagi bahan pokok lainnya seperti beras, minyak, hingga gula. Tentu hal ini membuat pengeluaran masyarakat menjadi bertambah.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebenarnya sudah mewanti-wanti adanya lonjakan harga komoditas pangan. Dan, ini selalu terjadi ketika mendekati Ramadan dan Idulfitri.

Kita tentu berharap di tengah kenaikan harga bahan pokok, pemerintah bisa menjamin ketersediaan komoditas pangan tersebut. Hal ini supaya tidak menimbulkan kelangkaan yang berujung kepada tidak terkendalinya harga. 

Pemerintah pusat dan daerah bisa memaksimalkan kerja para perangkatnya. Terutama dalam memperhatikan dan mengawasi produksi hingga distribusinya. 

Aparat penegak hukum juga bisa dilibatkan demi menekan kemungkinan adanya oknum penimbun bahan pokok. Dengan begitu fungsi pengawasan yang dilakukan Satgas Pangan akan lebih efektif.

Seluruh upaya itu juga dalam rangka menahan laju inflasi yang mungkin meninggi. Jangan sampai persoalan lonjakan harga komoditas pangan ini menambah lagi beban masyarakat. (er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *