Kota Bengkulu – Masalah sampah di Indonesia sudah menjadi hal lumrah setiap tahunnya. Berbagai daerah pun telah mengalaminya, mulai dari sampah berserakan dimana-mana, oknum warga membuang sampah sembarangan hingga pencemaran lingkungan. Tak sedikit, masalah sampah ini berdampak terjadi banjir di kota-kota besar seperti Jakarta dan lainnya.

Apalagi menjelang bulan ramadan yang tinggal beberapa hari lagi, tentu volume sampah akan melonjak mengingat aktivitas jual beli makanan akan meningkat saat ramadan nanti.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) siap melakukan antisipasi apabila terjadi lonjakan volume sampah saat ramadan.

“Seperti yang sebelumnya, biasanya di awal-awal ramadan akan sedikit mengalami penurunan volume sampah. Tetapi, di pertengah ramadan yang perlu diantisipasi, lonjakan sampah akan meningkat signifikan. Kita (DLH) akan melakukan upaya maksimal menindaklanjut hal ini dengan mengoptimalkan para petugas,” jelas Plt Kadis LH Rusman, Selasa (13/4/2021).

Rusman juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga lingkungan saat bulan ramadan terutama masalah sampah.

“Masyarakat harus sadar bahwa tidak dapat hanya mengandalkan peran pemerintah. Permasalahan sampah ini, permasalahan kita semua sebagai warga Kota Bengkulu. Mari jaga bersama lingkungan ini, jauhkan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan dan acuh akan kebersihan, kalau bukan kita, siapa lagi dan kalau bukan sekarang, kapan lagi,” imbau Rusman.  (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here