Kaur– Cuaca ekstrem disertai hujan lebat yang melanda Kabupaten Kaur, beberapa hari terakhir, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur mengeluarkan imbauan. Masyarakat diminta terus waspada. Cuaca ekstrem berpotensimenyebabkan bencana longsor dan banjir.

“Dengan kondisi cuaca seperti ini tentu sering menyebabkan banjir dan longsor. Oleh karena itu, masyarakat harus waspada, siaga dan deteksi dini,” kata Kepala BPBD Kaur Ujang Syafiri SPd saat diwawancarai Sabtu (28/04/2021).

Selain itu, kata Ujang, warga juga diimbau dapat melakukan evakuasi mandiri guna mengurangi resiko bencana banjir dan tanah longsor yang berpotensi terjadi. Terlebih beberapa hari terakhir Kaur diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

”Karena itu warga yang bermukim di lereng bukit maupun bantaran sungai yang rawan banjir, jika merasa ada ancaman, maka diimbau untuk melakukan evakuasi mandiri,” imbaunya. Ada beberapa gejala yang harus diketahui warga untuk mewaspadai terjadinya bencana seperti, air sungai yang secara mendadak mengeruh, terjadinya retak pada tanah, batu kecil berjatuhan dari perbukitan dan tanah menjadi bergetar.

“Kalau menemukan beberapa gejala tersebut di musim hujan, maka diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Kalau perlu langsung mengungsi ke daerah yang aman, agar terhindar bencana,” tandasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here