Buah Pepaya Cocok Untuk Hidangan Berbuka Agar Pencernaan Lancar

Selain baik untuk melancarkan pencernaan, rutin mengonsumsi pepaya dapat membantu tubuh untuk membersihkan usus dari kuman penyakit. Usus yang bersih akan membuat pencernaan anda lancar dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Dan buah ini cocok dijadikan menu takjil harian anda. Selain itu, kandungan vitamin dalam pepaya juga bisa mencegah kulit menjadi kusam.

Salah satu keunikan dari buah pepaya ialah ia menyimpan enzim bernama papain. Enzim ini memecah protein agar mudah dicerna. Karena kandungan ini pula, banyak yang menjadikannya obat sembelit dan gejala sindrom iritasi usus. Kandungan papain tersebut juga sering digunakan untuk mengempukkan daging.

Dalam sebuah studi, beberapa orang yang mengonsumsi bahan pepaya selama 40 hari menunjukkan peningkatan signifikan pada masalah sembelit dan perut kembung. Bahkan, daun, akar, serta biji semangka bisa mengatasi maag pada manusia dan hewan.

Pepaya juga menyimpan serat dan air. Keduanya berguna dalam mencegah sembelit dan merawat siklus pencernaan dengan melancarkan pergerakan usus. Ini pula yang menjadikan pepaya sering dimanfaatkan untuk kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat lain dari buah pepaya juga terdapat pada kalorinya yang sangat rendah. Ini bagus untuk Anda yang mau mengurangi berat badan. Satu buah pepaya seberat 140 gram dibekali lemak yang hanya seberat 0,4 gram, nol kolesterol, karbohidrat seberat 15,7 gram, dan serat sebesar 2,5 gram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *