Kaur  

Menuju Kaur Semakin Digital, Semakin Berseri

Kaur – Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik Kabupaten Kaur langsung berkoordinasi di Kementerian Kominfo RI, dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kominfo Jarnawi, S. Pd,. M. Pd memastikan seluruh OPD, Kecamatan dan Desa memiliki website masing-masing guna mendukung program kerja ‘Kaur semakin digital, semakin berseri’.

“Dalam Waktu Dekat semua OPD dan Kecamatan akan memliki Website, karena domain dan Hosting kaurkab.go.id sudah diaktifkan kembali” Ujar Kepala dinas Kominfosantik Kabupaten Kaur M. Jarnawi, M. Pd usai melakukan koordinasi dengan bagian Aptika Kementerian kominfo, Senin (31/1/2022).

Kadis Kominfosantik menambahkan untuk aplikasi lain yang menunjang kaur semak digital, semakin berseri yaitu Sistem Manajemen Informasi Maya (SiMAYA) masih dikoordinasikan agar surat menyurat tidak lagi dilakukan secara manual namun digital.

“Untuk aplikasi SiMAYA kita koordinasi dengan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), karena aplikasi tersebut pengembangannya di ambil alih dan beruban nama menjadi Srikandi (sistem informasi kearsipan dinamis) dimana semua Dokumen disimpan secara digital, tidak memakan tempat, tinggal dimasukkan ke cloud ” Ujar M. Jarnawi.

Untuk pelayanan desa digital, masih menurut Kadis Kominfosantik akan menggunakan aplikasi Sideka-NG (sistem informasi desa dan kawasan Next Generation) dimana aplikasi ini sesuai dengan Perpres SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

“Kalau tidak ada halangan 3 bulan kedepan kami bersama tim akan jalankan aplikasi ini, namun setelah target website, fanpage dan Srikandi berjalan di kabupaten kaur” Terang Kadis Kominfosantik.

Mengatasi daerah yang lemah sinyal dan blankspot, kadis Kominfosantik kembali akan berkoordinasi dengan Badan aksesibilitas telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) guna mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi informatika dan komunikasi (TIK) sebagai salah satu pondasi terwujudnya kaur semakin digital, semakin berseri. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.