Rapat Paripurna Istimewa, Begini Pesan Ketua DPRD Kaur

PARIPURNA: Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini saat memimpin sidang paripurna istimewa, Selasa (23/5)

Kaur – Sidang paripurna istimewa DPRD pada HUT Kabupaten Kaur ke-20 berjalan dengan khidmat, Selasa (23/5). Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini didampingi Waka II Alpensah, dihadri Wagub Bengkulu H Rosjonsyah, M.Si, Wabup Kaur Herlian Muchrim, ST serta seluruh anggota DPRD Kaur, Kepala OPD serta undangan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kaur mengajak seluruh masyarakat untuk merenungi dan meresapi arti dari HUT Kabupaten Kaur.

“HUT ini seharusnya untuk memotivasi kita meningkatkan semangat pengabdian untuk Kabupaten Kaur. Sehingga kabupaten kita ini bisa tumbuh berkembang, maju dan bangkit. Semua lapisan masyarakat terus berkarya dengan semangat kebersamaan. HUT ke-20 juga menjadi wahana untuk introspeksi atas kinerja pembangunan secara efektif. Sehingga pembangunan yang belum tercapai sebagai sumber inspirasi dalam mewujudkannya,” kata Ketua DPRD.

Dikatakan Ketua DPRD Kaur, pesan penting dalam memperingati HUT Kabupaten Kaur harus sampai ke masyarakat. Guna membangun sipirit bersama untuk melakukan perubahan-perubahan di masa depan menjadi lebih baiklagi. Tidak kalah penting dapat mengenang jasa para pendahulu atau pendiri yang telah menegakkan dasar-dasar Kabupaten Kaur.

Sedangkan Wabup Kaur Herlian Muchrim, ST mengatakan, peringatan hari jadi yang ke-20, harus digunakan sebagai momentum untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah. Masa lalu sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa depan.

Serta mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang diraih saat ini karena kerja keras pendahulu yang didukung seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kaur. Tugas masa kini adalah melanjutkan pembangunan yang telah mereka rintis dan diperjuangkan. Demi kemakmuran masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kaur.

Capaian pembangunan di Kabupaten meningkat dari beberapa tahun sebelumnya. Dapat dilihat dari perkembangan pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), turunnya angka kemiskinan dan cakupan jaminan layanan kesehatan atau Universal Health Coverage (ICH).

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kaur atas dasar harga berlaku pada tahun 2020 Rp 3,61 triliun. Meningkat di tahun 2021 menjadi 3,90 triliun. Terus meningkat pada tahun 2022 menjadi sebesar 4,23 triliun.

Pertumbuhan ekonomi yang sempat merosot akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang hanya sebesar 0,12 persen berangsur mengalami perbaikan di tahun 2021. Tumbuh menjadi 3,08 persen dan di tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi kembali meningkat menjadi sebesar 3,78 persen.

Kualitas kehidupan manusia di Kabupaten Kaur juga terus membaik. Ini terlihat dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masuk dalam kategori sedang. Dari angka IPM 66,99 tahun 2020, pada 2021 meningkat 67,17 dan terus meningkat capaian di IPM tahun 2022 menjadi 67,77.

Ini kontribusi pembangunan tidak terlepas dari komponen utama, yaitu di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan persentase jumlah penduduk miskin, tahun 2021 18,62 persen. Pada 2022 menurun menjadi 17,40 persen.

Usia 20 tahun merupakan usia yang cukup matang dan dewasa untuk sebuah daerah otonomi yang telah melewati berbagai situasi dan keadaan. Oleh itulah momen HUT ke-20 ini mengangkat tema “Mari optimalkan kearifan lokal untuk mewujudkan kaur yang bersih, sejahtera, energik dan religius”. Bermakna bahwa pembangunan yang kita lakukan tidak mengabaikan kearifan lokal yang ada.

Wagub Bengkulu H Rosjonsyah, M.Si mengatakan, dengan tema HUT Kabupaten Kaur yang digunakan. Dia mengharapkan Kabupaten Kaur semakin maju serta masyarakat semakin sejahtera. Selain itu, Wagub mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu pada dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Kaur. (adv/ers)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *