Harga Duku di Bengkulu Mulai Naik

Buah duku dari Muara Sahung yang dijual simpang 3 Tanjung Iman. (foto: eko/nuansabengkulu.com)

Sebelumnya harga duku per 1 kilogram Rp.5000 sempat mengalami penurunan, apalagi di kalangan petani per kilogramnya Rp.2000 turun drastis sebelum lebaran alias anjlok.

Sesudah lebaran harga duku pun mengalami kenaikan Rp. 7500 perkilogramnya. Dikatakan Miah pedagang duku simpang tiga Tanjung Iman Luas. Harga duku naik dari sesudah lebaran menginggat buah stok duku di petani (kebun) sudah banyak habis.

“Kemarin sebelum lebaran memang harga duku anjlok, kita jual 1 kilogram Rp.5000nya. kita ambil buah di para petani di kebun duku mereka diharga Rp.2000. Sekarang sudah naik 1kg ada yang 7000 dan 10.000 kita jual,” kata Miah.

Pedagang duku Miah mengaku bersyukur atas kenaikan harga duku tersebut, karena meningkatkan penghasilan petani duku baik di Muara Sahung, Kinal dan Padang Guci.

“Iya, kan musim duku ini kan 1 tahun sekali itu pun kalau berbuah. Kasian petani duku, kita juga yang ambil 2000, kalau Rp.5000 kn enak, kita jual 10.000 dan 7000 perkilonya,” ungkapnya.

Dirinya memastikan seminggu ke depan harga duku pasti mengalami kenaikan lagi, mengingat duku sekarang susah dicari. (eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *