Penyerahan DIPA 2022, Pemerintah Fokus pada 6 Kebijakan Utama

Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah hadir pada Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 oleh Presiden RI Secara via Virtual Meeting, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (29/11).

Disampaikan Presiden RI Joko Widodo, antisipasi dan mitigasi perlu disiapkan sedini mungkin agar tidak menggangu kesinambungan program reformasi struktural yang sedang dilakukan serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga sedang dilaksanakan.

“Menghadapi ketidakpastian tahun 2022 kita harus merancang APBN 2022 yang responsif, antisipatif dan juga fleksibel. Selalu berinovasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang dengan tetap menjaga tata kelola yang baik,” terang Presiden Jokowi.

Selain itu lanjut Presiden RI Jokowi, APBN 2022 memiliki peran sentra sebagai presensi G20. Pemerintah harus menunjukkan kemampuan dalam menghadapi perubahan iklim terutama dalam pengurangan emisi dan gerakan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan. APBN 2022 juga harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural.

Pemerintah akan fokus pada 6 kebijakan utama, yaitu melanjutkan perlindungan terhadap COVID-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan. Menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan.

Selanjutnya peningkatan SDM yang unggul, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi.

Lalu penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah dan melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan surplus budgeting agar belanja lebih efisien.

“Jadi di tahun 2022 kita harus mempersiapkan diri menghadapi resiko pandemi COVID-19 yang masih membayangi dunia dan negara Indonesia,” kata Presiden.

Dikatakan Gubernur Rohidin, Pemprov Bengkulu akan menerima DIPA 2022 secara fisik pada tanggal 2 Desember yang akan datang dan juga akan langsung diserahkan kepada Pemda Kabupaten/ Kota.

“Jadi sesuai arahan Pak Presiden, kita di daerah tahun 2022 tetap fokus terkait penanganan wabah COVID-19, melanjutkan pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM dan realisasi anggaran terhadap pembangunan ekonomi,” jelas Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.